Peraturan Ma`had al-Jamiah IAIN Bukittinggi TA 2019/2020

Pasal 1 

PENGHUNI MA’HAD

  1. Penghuni Ma’had adalah mahasiswa/wi semester 1 dan 2 pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, dan Teknologi Informatika Komputer, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Bukittinggi.
  2. Penghuni Ma’had lainnya adalah Pengelola Ma’had yang terdiri dari Kepala Ma’had, Sekretaris Ma’had, Murobbi (Pembina Asrama), Musyrif (Senior Residents), Mudarris (Pengajar), dan anggota pengelola Ma’had lainnya yang dilegalkan oleh Rektor IAIN Bukittinggi.
  3. Mahasiswa yang dimaksud pada poin 1 di atas merupakan penghuni Ma’had al-Jami’ah IAIN Bukittinggi yang mengikuti program pembinaan di Ma’had al-Jamiah IAIN Bukittinggi tahun akademik 2016/2017.

 

Pasal 2

NORMA DAN TINGKAH LAKU

  1. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah wajib bertindak jujur dan tidak mengambil hak milik orang lain, serta melarang dan melaporkan jika mengetahui pelanggaran tentang ketentuan ini kepada Pimpinan Ma’had al-Jami’ah (Kepala UPT Ma’had, Sekretaris UPT Ma’had), Murobbi (Pembina Asrama), dam Musyrif (Senior Resident).
  2. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah wajib bersikap dan baik dalam tingkah laku maupun ucapan.
  3. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah wajib berpakaian sopan yang sesuai dengan ajaran Islam baik saat berada  maupun ketika  meninggalkan lingkungan Ma’had al-Jami’ah Bukittinggi.
  4. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah wajib saling menghormati dan menolong dalam hal-hal positif, serta menjaga ketenangan suasana untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.
  5. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah wajib menjaga nama baik almamater dan kerukunan antar penghuni Ma’had al-Jami’ah.

 

Pasal 3

HAK dan KEWAJIBAN

  1. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah wajib tinggal di asrama Ma’had al-jami’ah IAIN Bukittinggi selama 1 (satu) dan atau 2 (dua) semester, dan tidak diperkenankan tinggal di luar asrama.
  2. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah berhak mendapatkan fasilitas Ma’had sesui dengan ketentuan Ma’had al-Jami’ah IAIN Bukittinggi.
  3. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah wajib menempati kamar yang telah ditetapkan oleh Pengelola Ma’had. Tiap penghuni Ma’had tidak dibenarkan pindah kamar tanpa alasan yang jelas dan tanpa persetujuan dari Pengelola Ma’had.
  4. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah wajib mengikuti dengan aktif seluruh program Ma’had al-Jami’ah IAIN Bukittinggi dan kegiatan-kegiatan pendukung lainnya di asrama, kecuali bagi mereka yang memperoleh izin dan atau tugas khusus dari Pengelola Ma’had.
  5. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah menjaga dan memelihara fasilitas yang ada di lingkungan Ma’had al-Jami’ah IAIN Bukittinggi.
  6. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah menjaga kebersihan asrama dan melaksanakan piket lorong sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  7. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah menjaga ketenangan di lingkungan Ma’had.
  8. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah menerapkan akhlak mulia dalam pergaulan di Ma’had.

Pasal 4  

IBADAH

  1. Setiap penghuni Ma’had wajib menunaikan shalat wajib berjamaah di Masjid Kampus.
  2. Setiap penghuni Ma’had wajib membiasakan diri untuk membaca al-Qur’an sesuai target yang ditetapkan.

 

Pasal 5

PRAKTEK BAHASA ASING

  1. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah wajib membiasakan diri untuk praktek bahasa asing (bahasa Arab dan atau Inggris) di dalam asrama dan di lingkungan kampus.
  2. Pelaksanaan praktek berbahasa berbahasa sebagaimana dimaksud pada ayat 1 pasal 5 ini diatur melalui kegiatan praktek berbahasa asing di asrama.

 

Pasal 6

LARANGAN  BAGI PENGHUNI MA’HAD AL-JAMI’AH

  1. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang merokok di kamar dan atau di tempat lain dalam lingkungan asrama.
  2. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang membuat coretan, tulisan, dan atau tempelan di dinding kamar dan atau fasilitas Ma’had lainnya dalam bentuk apapun, kecuali tempelan resmi dari Pengelola Ma’had.
  3. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang menyimpan, mengedarkan, dan atau memanfaatkan barang cetakan, audiovisual yang bersifat tidak sopan dan atau mengandung unsur pornografi.
  4. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang menggunakan peralatan elektronik, kecuali HP, Laptop, dan Walkman.
  5. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang menggunakan alat penanak nasi elektronik (rice cooker) lebih dari 1 (satu) buah rice cooker di setiap kamar.
  6. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang menggunakan alat pemanas air (heater). Pengaturan untuk  kebutuhan konsumsi air diatur secara teknis oleh Pembina Asrama.
  7. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang menyimpan, mengedarkan, dan atau menggunakan minuman keras, rakotika, obat-obatan terlarang, senjata tajam, dan senjata api.
  8. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang melakukan perjudian dan hal-hal yang menjurus ke perjudian dalam bentuk apapun.
  9. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang melakukan perkelahian fisik atau tindak kekerasan lainnya dan melakukan ancaman (bullying) dalam bentuk apapun juga.
  10. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah membawa tamu dan atau lawan jenis ke dalam kamar.
  11. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang melakukan perbuatan tidak senonoh dan atau perbuatan yang melanggar kesusilaan.
  12. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang menggunakan fasilitas umum di asrama untuk kepentingan pribadi yang dapat merugikan kepentingan penghuni asrama lainnya.
  13. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang memelihara hewan peliharaan di lingkungan asrama.
  14. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang melakukan tindak pencurian dalam bentuk apapun juga.
  15. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah dilarang menjemur pakaian di sembarang tempat, kecuali di tempatyang ditentukan oleh Pengelola Ma’had.

Pasal 7 

KETENTUAN PENERIMAAN TAMU

  1. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah hanya diizinkan menerima tamu di tempat yang telah ditentukan, yaitu di ruang tamu atau ruang lobi di bawah setiap gedung asrama.
  2. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah hanya dizinkan menerima tamu antara pukul 16. 00 s.d. 20.00 WIB.
  3. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah tidak diizinkan membawa tamu tanpa kecuali untuk menginap di asrama.
  4. Setiap tamu memiliki kewajiban untuk mematuhi semua tata tertib yang berlaku di ma’had al-Jami’ah IAIN Bukittinggi.
  5. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah wajib mencegah tamunya melakukan tindak pelanggaran tata tertib Ma’had al-jami’ah dan ikut bertanggungjawab atas segala akibat yag timbul dari pelanggaran tersebut.

Pasal 8

KETENTUAN MENINGGALKAN ASRAMA

  1. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah yang akan bepergian dan atau meninggalkan asrama lebih dari 24 jam wajib melapor kepada Musyrif atau Senior Resident.
  2. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah yang berakhir masa hunian di asrama wajib mengemasi seluruh barang pribadinya dan melakukan serah terima kamar dengan Musyrif atau Senior Resident.
  3. Penyelesaian kewajiban di asrama baik menyangkut ujian pencapaian kompetensi maupun administrasi tertentu lainnya dilakukan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sebelum masa ijin tinggal di asrama berakhir.

 

Pasal 9

SANKSI

  1. Sanksi adalah suatu tindakan yang diberikan kepada penghuni Ma’had yang melanggar peraturan, ketetapan, dan keputusan yang diberlakukan di Ma’had al-Jami’ah IAIN Bukittinggi.
  2. Penghuni asrama yang melanggar pasal-pasal di atas dikenakan sanksi berdasarkan ketentuan yang berlaku di lingkungan IAIN Bukittinggi.
  3. Setiap pelanggaran yang dilakukan oleh penghuni asrama dicatatkan ke dalam buku pelanggaran untuk diperiksa dan ditindaklanjuti.
  4. Sanksi dijatuhkan secara berjenjang berdasarkan kategori atau tingkat pelanggaran, yaitu pelanggaran ringan, sedang, dan berat.
  5. Sanksi untuk pelanggaran ringan dan sedang yang dilakukan oleh penghuni asrama dijatuhkan oleh Komisi Kedisiplinan Ma’had al-Jami’ah IAIN Bukittinggi.
  6. Sanksi untuk pelanggaran ringan dan sedang yang dilakukan oleh penghuni asrama dijatuhkan oleh Komisi Kedisiplinan  IAIN Bukittinggi setelah menerima laporan tertulis dari Kepala UPT Ma’had al-Jami’ah IAIN Bukittinggi perihal pelanggaran tersebut

 

Pasal 10

KETENTUAN LAIN-LAIN

  1. Mahasiswa peserta program pembinaan Ma’had al-Jami’ah yang membawa laptop dan peralatan masak elektronik seperti rice cooker diwajibkan melapor dan mendaftarkannya kepada Musyrif.
  2. Penggunaan Laptop hanya untuk kepentingan akademik.

Pasal 11 

PENUTUP

  1. Setiap penghuni Ma’had al-Jami’ah wajib menaati Peraturan Ma’had al-Jami’ah ini.
  2. Hal-hal yang belum diatur dalam peraturan ini akan dibuat dalam bentuk ketetapan tersendiri.

 

Ditetapkan   di Bukittinggi

Tanggal   02 Januari 2020 M

06  Jumadil Awal 1441 H

Kepala UPT Ma’had al-Jami’ah IAIN Bukittinggi

 

 

Tomi Hendra, S.Sos.I.,M.Sos

X